ALAMAT
Jl. Raya Sentani Km 17,8
Expo Waena
Jayapura -  Papua

Berita

Berita Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Perguruan Tinggi Negeri dan Kopertis melalui penyusunan Human Capital Development Plan (HCDP)

Dilihat: 803

ISBI Tanah Papua Dalam rangka peningkatan kinerja satuan kerja (satker) di bawah naungan Kemeristek Dikti menyangkut SDM yang ada, berdasarkan undangan Nomor 67145/A2/KP/2016 perihal evaluasi penyusunan domkumen Human Capital Development Plan (HCDP)/Perencanaan Pengembangan SDM, yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 September 2016 di Ruang Senat Universitas Cenderawasih Jayapura  - Papua. Dalam kesempatan tersebut diikuti oleh 11 satker dibawah naungan Ristek Dikti  yakni :

  1. Universitas Cenderawasih
  2. Universitas Musamus
  3. Universitas Papua
  4. Universitas Pattimura
  5. Universitas Khairun
  6. Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua
  7. Politeknik Negeri Ambon
  8. Politeknik Negeri Fakfak
  9. Politeknik Perikanan Negeri Tual
  10. Kopertis Wilayah XII
  11. Kopertis Wilayah XIV

Dalam acara tersebut kegiatan  dibuka oleh Kepala Biro SDM Ristek Dikti Ari Hendrarto Saleh, SE., M.Si. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan betapa pentingnya HCDP sebagai dasar atau acuan dalam peningkatan pengembangan sumber  daya manusia. Perencanaan SDM harus mempunyai tujuan yang berdasarkan kepentingan individu, organisasi dan kepentingan nasional.

Tujuan perencanaan SDM adalah menghubungkan SDM yang ada untuk kebutuhan instansi pada masa yang akan datang untuk menghindari mismanajemen dan tumpang tindih dalam pelaksanaan tugas.

Kesimpulannya, dalam evaluasi dimaksud, dapat  memberikan petunjuk masa depan, menentukan dimana tenaga kerja diperoleh, kapan tenaga kerja dibutuhkan, dan pelatihan dan pengembangan jenis apa yang harus dimiliki tenaga kerja. Melalui rencana suksesi, jenjang karier tenaga kerja dapat digy sesuaikan dengan kebutuhan perorangan yang konsisten dengan kebutuhan suatu organisasi

Kategori: