ALAMAT
Jl. Raya Sentani Km 17,8
Expo Waena
Jayapura -  Papua

Berita

DIES NATALIS KE- 2 ISBI TANAH PAPUA ANTARA PROSES DAN PROGRES

Ditulis oleh Administrator ISBI Tanah Papua
Dilihat: 1078

Tepat Kamis, 6 Oktober 2016 Civitas  Akademika ISBI Tanah Papua yang beralamat  di UPTD Taman Budaya Ekspo Waena merayakan Dies Natalis ke-2 dengan tema “ Tradisi dan Inovasi”. Perayaan Ultah  yang boleh dikatakan batita ini,  ISBI mampu menghadirkan beberapa pemimpin penting  daerah Provinsi Papua, antara  lain staf ahli yang mewakili Gubernur Provinsi Papua, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah,  Pimpinan perguruan Tinggi,  Pimpinan  Agama, serta tamu  undangan.

 

 Tamu undangan ini sebelum acara puncak mereka terlebih dahulu memasuki ruang transit sebelum acara dies, mereka disambut secara meriah dengan  tari penyambutan suku asmat  yang dibawakan  oleh mahasiswa ISBI Tanah Papua. Sebelum memasuki perayaan puncak Dies, tamu undangan diajak untuk mengunjungi dan mengamati pameran kreatifitas seni dari karya mahasiswa yang tergabung dalam  5 konsentari bidang seni, yakni musik, tari, kriya, dan Desain Komunikasi Visual.

 

 Prosesi acara dies diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Doa, Pertunjukkan Tari, menyanyikan lagu Hymne ISBI Tanah Papua, Sambutan- Rektor ISBI Tanah Papua dan Gubernur Papua, pembagian hadiah lomba dalam rangka dies, dan menyanyikan lagu Mars ISBI.

 

 Rektor ISBI Tanah Papua, Prof. Dr. I Wayan Rai S, MA  dalam sambutan  bertopik ISBI Papua  dengan topik Proses dan Progress. Dalam hubungan dengan proses,  beliau membicarakan sekilas tentang flashback pendirian ISBI Tanah Papua yang didukung dengan  foto-foto dan video pendirian lewat  proyektor. Sedangkan dalam progresnya beliau menyinggung tentang hal-hal yang telah dilakukannya, antara lain input mahasiswa yang meningkat  sebanyak 246 orang dari jumlah tersebut 186  (75,6%) orang mahasiswa  asli Papua, dan sisanya 60 orang non-Papua.  Beliau juga menyampaikan soal  usulan pegawai dengan Formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)  dan recana kuota ISBI Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 15 orang  untuk formasi Dosen dalam tahun 2016. Selain masalah Organisasi Tata Kelola (OTK) serta beberapa informasi lain terkait kemajuan ISBI Tanah Papua.

Selain sambutan Rektor, sambutan kedua dalam  Dies disampaikan oleh Ibu Rosina Upessy, S.H.  Staf Ahli Bidang Sosial dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua yang dalam hal ini mewakili Gubernur berkesempatan membacakan sambutan Gubernur Provinsi Papua. Inti dari sambutannya beliau menyinggung soal  upacara dies yang lebih meriah dan hikmat dari tahun sebelumnya, kesiapan SDM di bidang seni untuk mengahadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),  ISBI sebagai PTN seni diharapkan bekerja sama yang harmonis dan sinergis dengan semua lembaga guna mencapai prestasi  serta kemajuan bagi seniman, generasi muda, dan masyarakat pada umumnya guna memperkokoh ketahanan budaya adat istidadat sebagai identitas masyarakat Papua dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Akhir dari sambutannya, beliau menyampaikan selamat Dies Natalis kepada seluruh Civitas Akademika ISBI Tanah Papua, dan  sekaligus mengucapkan  terima kasih dan apresiasi atas segala upaya yang dilakukan ISBI Tanah Papua dalam  memajukan seni budaya dalam menyiapkan SDM di bidang seni.

 

Dalam pelaksanaan dies ke-2 ini,  diisi dengan orasi ilmiah dengan tema Tradisi dan Inovasi yang disampaikan oleh I Gede Made Indra Sadguna, S,Sn., M.Sn dosen dari Institut Seni Indonesia  Denpasar Bali. Salah Satu hal kunci dalam topik orasi itu ialah beliau mengatakan bahwa  ketika berbicara tradisi dan inovasi dalam bidang seni maka sebenarnya berbicara tentang dua hal yaitu suatu bentuk seni yang telah diwarisi secara turun-temurun, dan suatu seni yang telah mendapat sentuhan inovatif dari penciptanya.

Selama acara dies tersebut berjalan meriah dan hikmat serta sangat menyenangkan dan memuaskan tamu undangan, karena diselingi dengan tari-tarian dengan asesoris dan propertinya yang dipersembahkan oleh mahasiswa ISBI Tanah Papua.

 

ISBI TANAH PAPUA

 

“SENI BUDAYAKU KEHIDUPANKU”

Kategori: