ALAMAT
Jl. Raya Sentani Km 17,8
Expo Waena
Jayapura -  Papua

Berita

Tentang

Ditulis oleh Administrator ISBI Tanah Papua
Dilihat: 967

Pendahuluan

Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua adalah Perguruan Tinggi Negeri Seni yang berada dibawah Kemernterian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang bertanggung jawab langsung kepada Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi secara fungsional dibina oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti. Pendirian ISBI Tanah Papua adalah salah satu kepedulian pemerintah terhadap bidang seni dan budaya serta memiliki fungsi dan peran yang sangat signifikan mengembangkan potensi seni dan budaya yang sangat beragam.

Berdasarkan kondisi obyektif, sudah saatnya Papua memilki perguruan tinggi seni dan budaya yang berlebel negeri. Pada tanggal 6 Oktober 2014 di Surabaya Presiden Republik Indonesia Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan ISBI Tanah Papua sebagai Perguruan Tinggi Negeri

Seniman, budayawan, biokrat, pekerja seni, termasuk komunitas pendukung adat semuanya menginginkan terwujudnya perguruan tinggi seni negeri. Karena itu, begitu menerima informasi akan didirikan perguruan tinggi seni dan budaya negeri, sontak kegembiraan, ekspresi dan sambutan yang luar biasa melegakan. Pendirian perguruan tinggi seni merupakan kerinduan sejak lama dinantikan oleh masyarakat khusunya seniman maupun budayawan yang ada di Papua. Pemerintah Provinsi Papua menampakan gayung bersahut dengan menyiapkan fasilitas bahkan sebuah lahan kampus yang memadai dan tempatnya strategis.

Berdasarkan Studi kelayakan bahwa Papua sangat kaya dengan potensi seni dan budaya serta memeliki karakteristik dan identitas tersendiri sebagai warna lokal. ISBI Tanah Papua dalam 5 tahun ke depan akan menyelenggarakan 12 (dua belas) program studi yaitu :

Seni Tari, Seni Musik, Etnomusikologi, Seni Teater, Seni Rupa Murni, Kriya Seni, Tradisi Lisan, Kajian Budaya, dan Warisan Budaya.

 

Tujuan Pendidikan

Program Studi Sarjana Seni adalah untuk mengahsilkan tenaga akademis dan professional dalam bidang Seni Tari, Seni Musik, Seni Rupa Murni, Desain Komunikasi Visual dan Kriya Seni, yang mampu menangani masalah-masalah seni yang sifatnya umum secara mandiri dan secara rinci sehingga lulusan program studi ini mampu :

1.     Menciptakan dan mempresntasikan beragam gagasan kedalam berbagai bentuk karya seni dan mempertanggungjawabkan secara etik, moral dan akademik.

2.    Mengkaji, menganalisis beragam fenomena seni dan budaya.

3.    Menyajikan karya seni secara kreatif, inovatif dan professional.

4.    Mengembangkan kewiraushaan dalam mengelola kegiatan seni dan budaya.