ALAMAT
Jl. Raya Sentani Km 17,8
Expo Waena
Jayapura -  Papua

Sambutan Rektor

Prof. Dr. I Wayan Rai S, M.A.

 

Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua

Pendirian Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua lahir dari sebuah cita-cita luhur, yaitu mengembangkan dan memberdayakan potensi seni dan budaya masyarakat Papua. Sangat disadari bahwa masyarakat yang mendiami pulau Nugini bagian barat atau West New Guinea memiliki beragam kearifan budaya yang perlu mendapat sentuhan-sentuhan akademis agar aktual, berdaya, dan berguna bagi kesejahteraan masyarakatnya.

Berdirinya ISBI Tanah Papua sebagai perguruan tinggi yang melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang seni dan budaya adalah salah satu wujud dari tanggung jawab pemerintah dalam menggali, melestarikan, mengembangkan seni dan budaya indonesia dalam segala aspek. Pada gilirannya pembangunan seni dan budaya diharapkan dapat berfungsi menjaga kesimbangan hidup dan memperkokoh jati diri untuk menghadapi dampak globalisasi. Seiring dengan diberlakukannya berbagai peraturan perundang-undangan yang melandasi sistem pendidikan dan kebudayaan, visi pendidikan dan kebudayaan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa mengisyaratkan bahwa pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan di semua jalur, jenjang, dan jenis pendidikan oleh pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat luas berlangsung sinergis, dimaksudkan untuk memberdayakan semua warga Negara Indonesia agar berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.

Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua adalah Perguruan Tinggi Negeri seni yang berada dibawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang bertanggung jawab langsung kepada Menristek Dikti, secara fungsional dibina oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI). Pendirian ISBI Tanah Papua adalah salah satu kepedulian pemerintah terhadap bidang seni dan budaya serta memiliki fungsi dan peran yang sangat signifikan mengembangkan potensi seni dan budaya sangat beragam. Berdasarkan kondisi obyektif, sudah saatnya Papua memiliki sebuah perguruan tinggi seni budaya yang berlebel negeri.

Website ISBI Tanah Papua diluncurkan sebagai salah satu media informasi yang dapat menyajikan keberadaan Kampus ISBI Tanah Papua dan aktivitas-aktivitasnya sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Seni yang ada di Tanah Papua. Melalui media ini setidaknya dapat menjadi sumber informasi tentang kegiatan seni dan budaya yang sudah, sedang, dan akan digarap.

Akhirnya besar harapan kami semoga website ini dapat memenuhi kebutuhan pembaca khusunya seniman dan budayawan yang ada di Tanah Papua, Indonesia dan Dunia.

 

ISBI Tanah Papua

“SENI BUDAYAKU KEHIDUPANKU”