Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi melaksanakan Asesmen Lapangan secara daring terhadap Program Studi Desain Komunikasi Visual pada program S1 Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua dengan menugaskan Dr. Drs.Pujiyanto, M.Sn., dari Universitas Negeri Malang sebagai asesor 1 dan Dr.Jamaludin, M.Sn dari Institut Teknologi Nasional Bandung sebagai asesor 2 Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tanggal 9 Juli s.d 10 Juli 2021
Proses Asesmen Lapangan Hari Pertama (Jumat, 09 Juli 2021)
- Pembukaan asesmen: Sambutan Rektor ISBI Tanah Papua Dr. I Dewa Ketut Wicaksana, S.SP., M.Hum. pengenalan panel asesor, dilanjutkan pembacaan dan penandatanganan Pernyataan Asesmen Lapangan.
- Sesi dengan Pimpinan UPPS: berisi paparan Rektor ISBI Tanah Papua, Wakil Rektor I ISBI Tanah Papua, Ketua Jurusan Seni Rupa dan Desain, Koordinator Program Studi Desain Komunikasi Visual. Pemaparan difokuskan pada konfirmasi terkait rencana pengembangan UPPS, sistem tata pamong, sistempengelolaan, capaian UPPS, dan rencana pengembangan Program Studi Desain Komunikasi Visual.
- Sesi Konfirmasi data pada Laporan Kinerja Program Studi yakni oleh Tim LKPS UPPS/PS. Kedua asesor memverifikasi keseluruhan butir kuantitatif, untuk kemudian dilakukan penetapan isi data LKPS sebagai dasar penilaian.
- Sesi dengan Pelaksana Penjaminan Mutu dilakukan untuk mengkonfirmasi pelaksanaan, hasil dan efektivitas proses SPMI dengan mengecek dokumen penetapan pelaksana SPMI, pengeceka dokumen standar, manual, instrumen, dan hasil kegiatan penjaminan mutu.
- Sesi dengan Tim Akreditasi dilaksanakan untuk mengkonfirmasi data dan informasi dalam Laporan Evaluasi Diri (LED) dan mengklarifikasi dokumen pendukungnya.
- Sesi dengan (middle) Manajemen dilaksanakan untuk mengkonfirmasi pelaksanaan pengelolaan fungsional akademik, sumber daya keuangan, asset fasilitas, dan sistem informasi.
- Sesi dengan pemangku kepentingan eksternal yang terdiri dari, orang tua, alumni, dan pengguna lulusan dilaksanakan untuk mengkonfirmasi harapan dan apresiasi terhadap program studi. Pada kesempatan ini hadir kepala sekolah, orang tua, dan para alumni.
Proses Asesmen
Lapangan Hari Kedua (Sabtu, 10 Juli 2021)
- Sesi dengan dosen dan tendik dilaksanakan untuk menggali informasi tentang pelaksanaan kinerja, keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan terhadap lembaga.
- Sesi dengan mahasiswa dilaksanakan untuk menggali informasi tentang pengalaman mahasiswa selama mengikuti proses pembelajaran, mengkonfirmasi proses pembimbingan akademik dan tugas akhir, prestasi, dan kepuasan atas layanan lainnya yang diberikan oleh lembaga.
- Kerja mandiri tim asesor dilaksanakan untuk menyiapkan draft berita acara dan rekomendasi hasil akreditasi.
- Sesi Penyampaian feed back dilaksanakan dengan penyampaian berita acara ke pimpinan UPPS dan PS, pengecekan berita acara asesmen lapangan oleh pihak UPPS dan PS.
- Sesi penutupan dilaksanakan dengan sesi penandatanganan Berita Acara Asesmen Lapangan oleh Pimpinan UPPS dan PS, dilanjutkan dengan penyampaian rekomendasi dan sambutan penutup oleh Pimpinan PT.