ISBI Tanah Papua mengirimkan 15 Mahasiswa untuk berkompetisi dalam PEKSIMINAS XVI di Malang
admin web | 29 Oktober 2022 | Dibaca 209 kali |

Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua mengirimkan mahasiswa sebanyak 15 orang untuk berkompetisi di ‘Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) XVI tahun 2022’ yang diadakan mulai tanggal 25-28 Oktober 2022 di Universitas Brawijaya, Malang. Peksiminas XVI mengambil tema ‘Penguatan Karakter Kebangsaan melalui Pengembangan Potensi Minat Bakat dalam Bidang Seni dan Budaya Mahasiswa’.

PEKSIMINAS XVI diikuti oleh 32 Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia Provinsi (BPSMI) Provinsi dengan jumlah total peserta sebanyak 838 mahasiswa yang berasal dari 123 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia yang sebelumnya sudah melaksanakan Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) di setiap provinsinya. Memperlombakan 15 tangkai lomba, diantaranya: menyanyi dangdut, menyanyi seriosa, menyanyi keroncong, menyanyi pop, vokal grup, baca puisi, monolog, tari, penulisan cerpen, penulisan lakon, penulisan puisi, desain poster, lukis, komik strip, dan fotografi. Setiap tangkai lomba akan terdiri dari 3 (tiga) juri. Komposisi juri merupakan kombinasi antara juri yang berasal dari perguruan tinggi (akademisi) dan juri yang berasal dari profesional.

Acara pembukaan PEKSIMINAS XVI dilaksanakan di Gedung Samantha Krida yang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, setelah itu disusul dengan pembacaan laporan kegiatan oleh Ketua BPSMI Provinsi Jawa Timur, Prof. Dr. Abdul Hakim, M.Si.

Dalam laporannya, Prof. Abdul Hakim mengatakan bahwa kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mendorong mahasiswa untuk tidak hanya unggul dalam bidang akademik, namun juga menjadi individu yang kreatif, inovatif, berdaya saing tinggi, dan berkarakter.

“Mahasiswa tidak hanya dibekali pengetahuan dan keterampilan, melainkan juga dua unsur yang menyempurnakan kinerja di kehidupan masyarakat, yaitu hard skills dan soft skills, karena sinergi di antara keduanya sangat diperlukan,” ungkapnya.

Selain itu ia juga menambahkan, dengan seni diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan kepribadiannya, agar memiliki integritas yang tinggi terhadap pelestarian dan pengembangan kebudayaan nasional. PEKSIMINAS merupakan kegiatan yang berkesinambungan guna memberikan wadah bagi mahasiswa dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan praktis mahasiswa dalam bidang seni baik seni suara, seni pertunjukan, seni sastra maupun seni rupa.

 

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr,Yulini Rinantanti.,M.ed., yang hadir dalam acara pembukaan Peksiminas didampingi Koordinator Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, Alwi Fiyan Saputra.,S.Kom menyampaikan harapan bahwa ISBI Tanah Papua akan memberikan hasil yang terbaik dalam PEKSIMINAS kali ini meskipun ini kali pertama ISBI Tanah Papua Mengikuti PEKSIMINAS dan berharap Pemprov PAPUA dapat ikut serta membina dan meningkatkan kualitas mahasiswa lewat ajang tahunan.

“Pekan Seni Mahasiswa Nasional ke 16 digelar di Kota Malang dengan penyelenggara adalah Universitas Brawijaya. Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua bersama dengan Universitas Yapis Jayapura yang mewakili BPSMI Provinsi Papua dalam PEKSIMINAS Ke XVI Tahun 2022 ini.

BAGIKAN :