Ditjen Diktiristek Tampilkan Ratusan Karya Seni Visual, Indah & Menarik
admin web | 21 Mei 2024 | Dibaca 45 kali |

Plt. Sekretaris Ditjen Diktiristek Tjitjik Srie Tjahjandarie bersama sembilan rektor penyelenggara pameran Seni Visual bertajuk “Rupa Harmoni Berdikari Negeri” besutan. Foto Humas Diktiristek Kemendikbudristek

JAKARTA - Ratusan karya seni visual karya mahasiswa dan dosen dipamerkan di Gedung D Kemendikbudristek Pameran Seni Visual bertajuk “Rupa Harmoni Berdikari Negeri” besutan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek).

Pameran itu bekerja sama dengan Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Seni Indonesia (BKS-PTSI) ini digelar sekaligus dalam rangka memperingati memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-116.  Tercatat sembilan perguruan tinggi seni yang ada di Indonesia memeriahkan pameran ini antara lain Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, ISBI Bandung, ISI Yogyakarta, ISI Surakarta, ISI Denpasar, ISBI Tanah Papua.

Kemudian, Institut Kesenian Jakarta, dan Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya. Sebanyak 324 karya seni yang ditampilkan merupakan hasil karya dari dosen dan mahasiswa yang menunjukkan keragaman dan kekayaan budaya Indonesia. Plt. Sekretaris Ditjen Diktiristek Tjitjik Srie Tjahjandarie mengungkapkan pameran ini merupakan bentuk komitmen Kemendikbudristek untuk terus mendukung dan memfasilitasi pengembangan seni budaya di lingkungan perguruan tinggi. Dia mendorong sinergi antara perguruan tinggi, pemerintah, dan masyarakat dalam memajukan seni budaya Indonesia. 

Tjitjik menambahkan Hari Kebangkitan Nasional adalah saat yang tepat untuk merenungkan dan memperkuat komitmen kita dalam menjaga dan memajukan seni budaya Indonesia. “Diharapkan pameran ini bisa memberikan pengalaman berharga, menjadi ajang untuk saling berbagi ilmu dan inspirasi serta sebagai momentum untuk semakin memperkokoh semangat kebangkitan bangsa melalui seni dan budaya,” kata Tjitjik saat pembukaan pameran yang similar 20 Mei sampai 9 November 2024.

BAGIKAN :