KULIAH UMUM SENI BUDAYA DALAM PERSPEKTIF PENGKAJIAN DAN PENCIPTAAN KARYA SENI
admin web | 29 Agustus 2022 | Dibaca 876 kali |

Jayapura, Pada Hari Senin tanggal 28 Agustus 2022 bertempat di Gedung Hotel Horison Abepura ISBI Tanah Papua melakukan Kuliah Dosen Tamu dengan Tema Seni Budaya Dalam Perspektif Pengkajian dan Penciptaan Karya Seni. Pada kuliah umum ini ISBI Tanah Papua mengundang Dua orang Dosen tamu dari luar kampus ISBI Tanah Papua sebagai narasumber.  Narasumber Pertama  adalah Apner Krei, S.Sos., M.Si (Sekretaris Jurusan Antropologi Universitas Cenderawasih) dengan topik Seni Dalam kajian Antripologi. Narasumber kedua adalah Dr.Bambang Sunarto, S.Sen., M.Sn. (Wakil Rektor I ISI Surakarta) dengan topik Epistemologi Penciptaan Seni. Kuliah Umum ini diikuti,  Rektor, WR1, ketua LPPM, Ketua Jurusan, koprodi, dosen, tendik  dan semua mahasiswa  aktif ISBI Tanah Papua.

 

Rektor ISBI Tanah Papua Dr.I Dewa Ketut Wicaksana SSP., M.Hum. dalam sambutannya  mengatakan Pada kuliah umum dosen tamu ini sangat sejalan dengan visi, misi, dan tujuan  ISBI Tanah Papua yang didirikan sejak Tahun 2014. Adapun Misi  ISBI Tanah Papua pada tahun 2025 adalah menjadi pusat pendidikan seni dan budaya Indonesia khususnya etnik Papua dan Nusantara guna memperkaya nilai-nilai kemanusiaan.

 

Diakhir sambutannya juga Rektor ISBI Tanah Papua mengatakan Pada era revolusi industri dewasa ini keberadaan seni budaya Papua cenderung termarginalkan, padahal, eksistensi seni musik, seni tari, seni lukis dan kriya seni memiliki peranan yang penting dalam kehidupan masyarakat Papua. Untuk itu, para seniman, tokoh masyarakat dan akademisi seni di Papua menghendaki agar musik, tari, lukis dan kriya milik masyarakat Papua bisa diselamatkan dan direvitalisasi keberadaannya. Disinilah letak peran ISBI Tanah Papua yang didirikan oleh Pemerintah menjadi garda depan untuk mengawal, melestarikan, mengembangkan dan menggali seni budaya Papua yang adhiluhung ini.

Setelah pemaparan materi oleh narasumber berakhir, sesi selanjutnya adalah diskusi antara narasumber dengan peserta. Seluruh peserta dapat menanyakan tentang apapun yang terkait dengan materi dan pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab secara mendetail oleh narasumber. Pada kesempatan tersebut, terlihat bahwa para peserta dosen dan mahasiswa sangat antusias untuk melakukan diskusi dengan narasumber. Hal tersebut menunjukkan bahwa materi yang diberikan oleh narasumber cukup memotivasi para peserta kuliah umum ini.



Masuk ke penghujung acara setiap sesi pemaparan materi kuliahumum yaitu sesi pemberikan sertifikat apresiasi dan cenderamata kepada pemateri yang diberikan langsung oleh rektor ISBI Tanah Papua dan dilanjut dengan foto bersama.


BAGIKAN :