ISBI Tanah Papua mengadakan Workshop Penulisan Karya Ilmiah
admin web | 08 September 2022 | Dibaca 689 kali |

Bagian Akadmeik bekerjasama dengan LP2M ISBI Tanah Papua Dalam rangka meningkatkan motivasi, ketrampilan dan produktivitas para dosen, maka maka ISBI Tanah Papua mengadakan Workshop Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah pada tanggal 8 September 2022 bertempat di Hotel Horison Abepura. Workshop ini dihadiri Rektor, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Ketua LPPM, Para Kajur dan koprodi, para dosen serta tendik ISBI Tanah Papa  dengan menghadirkan narasumber  adalah Bapak Dr. I Wayan Setem.,M.Sn. Beliau Merupakan kordinator Program Studi Seni Rupa, Beliau sebelum menjadi Kordinator Prodi menjabat sebagai LPPPM ISI Denpasar.

Dr.Yulini Rinantanti, M.Ed. sekalu Wakil Rektor I ISBI Tanah Papua dalam laporan panitia berharap bahwa Kegiatan ini tidak berhenti sampai di sini, kami merencanakan ada kegiatan lanjutan untuk kegiatan ini untuk Hasil penulisan Karya ilmiah bapak ibu Dosen dapat di publis pada jurnal berepotasi untuk menunjang IKU (Indikator Kinerja Utama) dan Borang Akreditasi di masing masing Program Studi.


Selanjutnya Rektor ISBI Tanah Papua Dr. I Dewa Ketut Wicaksana.,S.SP.,M.Hum diawal sambutannya mengatakan cara membuat karya tulis ilmiah atau jurnal lengkap, tidak bisa lepas dari tiga unsur utama pendidikan dan pengajaran, penelitian/research education, dan pengabdian masyarakat yang harus dilaksanakan dimanapun bapak dan ibu dosen berada. Karena keberadaan seorang akademisi ditunggu-tunggu peran-serta dalam kehidupan masyarakat, baik tenaganya, pikirannya, pengetahuannya, ilmu dan ide, gagasan, kontribusi dan dedikasi-nya untuk umat manusia pada umumnya.



Diakhir sambutannya Rektor juga mengatakan bahwa untuk mengetahui cara menulis karya ilmiah, kita harus tahu dulu jenis karya tulis ilmiah tersebut, karena dengan mengetahui, maka kita bisa melakukan klasifikasi apa yang mau kita kerjakan, misalnya kita membuat laporan penelitian lembaga dll. Untuk itu, kita harus bisa membedakan dengan baik karya ilmiah yang mau kita buat seperti apa, diantara jenisnya ada jurnal, makalah seminar, skripsi, tesis, disertasi, kertas kerja.

 

Bapak Dr. I Wayan Setem.,M.Sn. memaparkan materi dengan baik dan lancar dari awal hingga akhir kegiatan. Diakhir materinya narasumber juga mengatakan bahwa “Setiap penulisan karya ilmiah selalu memerlukan gairah dan motivasi untuk memecahkan berbagai masalah secara kreatif. Tanpa kreativitas  pemecahan masalah menjadi bermasalah, karena tidak melalui proses perubahan.” Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan Tanya jawab antara dosen dengan narasumber dan dilanjutkan dengan cara membuat Karya Tulis dengan mengoreksi bersamasama karya tulis yang telah disiapkan oleh beberapa dosen ISBI Tanah Papua sebelum kegiatan ini dilaksanakan.

Diakhir Kegiatan Drs. Paulus GD Lasmono, MT. Selaku ketua LP2M ISBI Tanah Papua menutup kegiatan dan diakhiri dengan foto bersama.




 

BAGIKAN :